Uncategorized

Cara Cerdas Kenalkan Anak Membaca Buku

Kemajuan teknologi tentu berpengaruh terhadap cara berpikir anak. Tidak hanya permainan digital saja yang menarik perhatian sang buah hati. Ada banyak hal lain seperti sosial media, aplikasi belanja daring yang membuat anak melupakan waktu belajarnya. Baca buku menjadi aktivitas yang membosankan.

www.tanotofoundation.org

Hambatan Anak dalam Membaca Buku

Anak memang belajar strategi dari permainan digital. Begitu juga anak akhirnya bisa terhubung dengan kerabat atau teman yang berada di tempat jauh menggunakan sosial media. Belanja barang sekolah untuk anak atau kostum lucu menjadi hal yang menyenangkan karena anak bisa belajar untuk mengatur keuangan pula.

Namun, wawasan anak terhadap hal yang tertulis menjadi minim. Anak akan sukar menemukan siapa itu Kartini dari situs belanja daring. Mereka juga sukar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dari jejaring sosial. Waktu mereka untuk bermain di taman atau lapangan menjadi berkurang karena terlalu asyik bermain gadget.

Itulah mengapa gerakan membaca sedang menjadi tren yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka khawatir dengan perkembangan dan wawasan anak-anak hingga remaja yang biasanya minim. Selain itu, orang tua bahkan tidak memperkenalkan buku terhadap anak sejak kecil. Dengan membiasakan anak membaca buku sejak kecil, kegiatan tersebut menjadi hal yang akan terus mereka lakukan hingga usia senja.

Lalu apa saja tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak menyukai buku bacaan? Berikut ini telah kami rangkum khusus untuk Anda:

Tips Membuat Anak Menyukai Buku Bacaan

  1. Jadilah Teladan Bagi Anak

Tentu hal yang sangat kocak jika Anda menghendaki anak untuk sering bermain dengan buku namun Anda bahkan tidak pernah membaca. Orang tua adalah sekolah pertama sang anak. Mereka akan meniru tingkah laku Anda. Oleh karena itu, biasakan diri Anda untuk membaca. Kalau bisa di depan buah hati Anda ya!

  1. Membuat jadwal membaca

Luangkanlah waktu untuk membaca bersama anak setiap hari. Bisa sebelum tidur atau setiap pagi sebelum ke sekolah. Cara ini bisa Anda siasati dengan mendongeng bersama, bergantian menyanyikan lagu dari kata yang Anda tulis. Anak adalah makhluk yang cepat bosan. Tugas Anda untuk selalu menjadi orang tua yang menyenangkan dan kreatif.

  1. Tidak membatasi bacaan anak

Pilihan bacaan anak sangatlah tidak terbatas. Suatu hari mereka ingin mengetahui tentang planet Mars. Di kemudian hari mereka ingin menjadi dokter. Pola pikir mereka ini dipengaruhi oleh kegiatan baca buku yang mereka lakukan. Anda sebagai orang tua hanya perlu menyediakan bahan bacaan yang sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya agar pengetahuan anak semakin luas pula. Jangan batasi bacaan anak. Mereka akan bisa menentukan bacaan-bacaan selanjutnya. Bimbinglah mereka untuk membaca buku yang sekiranya informatif dan menarik saja terlebih dahulu.

  1. Buat Tantangan dan Beri Hadiah

Anda bisa mencontoh gerakan baca buku yang sedang marak dilakukan. Buatlah tantangan untuk dapat menyelesaikan suatu buku dalam jangka waktu tertentu. Jika sudah, mintalah sang buah hati untuk menceritakan isi bacaannya tersebut. Berilah hadiah agar mereka semakin tertantang untuk mendapatkan hadian yang Anda janjikan.

  1. Membawa bacaan ke dunia nyata

Berkegiatan dan bermain yang terus menerus dilakukan di rumah tentu kian hari akan memunculkan kebosanan. Ajaklah anak untuk pergi jalan-jalan. Ini bisa kemana saja. Taman bermain, kebun binatang, sawah, pasar. Ketika jalan-jalan sedang berlangsung, ajaklah anak untuk bercerita buku apa yang mengingatkannya akan tempat tersebut. Maka anak akan terlatih untuk mengkorelasikan bahan bacaan dengan kehidupan sehari-hari.

Keuntungan Anak Gemar Membaca Buku

Jika anak sudah percaya bahwa buku ialah jendela dunia, maka mereka akan lebih mudah memahami apa saja kejadian dalam sehari-hari. Mereka akan tumbuh menjadi bocah yang cerdas karena kegiatan baca buku yang mereka lakukan dapat menjadi tuntunan dalam sehari-hari. Wawasan mereka akan lebih banyak dan mereka akan lebih mudah dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan mendatang.

Oleh karena itu, membiasakan anak untuk memulai gerakan baca buku sedari diri merupakan langkah yang tepat dari Anda sebagai orang tua agar Anak tumbuh cerdas.

Comment here