pengetahuan

Hubungan Varians dengan Standar Deviasi (Simpangan Baku)

Bagi anda yang bekerja dalam dunia penelitian atau statistika tentu sudah tidak asing dengan istilah standar deviasi atau sering dikenal dengan simpangan baku. Untuk menghitung nilai standar deviasi maka anda bisa menggunakan rumus manual atau bisa juga memakai microsoft excel. Selain itu perlu anda ketahui juga mengenai hubungan varian dengan standar deviasi dalam perhitungan data.

rumus.co.id

Perhitungan varian dan standar deviasi bertujuan untuk mengetahui keragaman dari sebuah kelompok data. Dimana cara untuk mengetahui keragaman sebuah kelompok data tersebut yaitu dengan mengurangi masing-masing nilai data dengan rata-rata kelompok data tersebut lalu hasilnya dijumlahkan semua. Tetapi cara tersebut tidak bisa dipakai sebab hasilnya akan selalu 0.

Supaya hasil perhitungan tersebut tidak menjadi 0 maka anda bisa mengkuadratkan setiap pengurangan nilai data serta rata-rata kelompok data tersebut. Selanjutnya dilakukan penjumlahan kemudian hasil penjumlahan kuadrat (sum of squares)tersebut nilainya akan selalu positif. Untuk nilai variannya diperoleh melalui pembagian hasil penjumlahan kuadrat dengan ukuran data. Sehingga rumus perhitungannya yaitu :

Meskipun begitu, pada penerapannnya nilai varian tersebut akan bias dalam menduga varian populasi. Melalui penggunaan rumus tersebut maka nilai varian populasi menjadi lebih besar dibandingkan varian sampel. Supaya tidak bias untuk menduga varian populasi maka nilai n sebagai pembagi penjumlahan kuadrat harus diganti menjadi n-1. Sehingga nilainya menjadi lebih besar serta mendekati varian populasi dengan rumus :

Nilai varian yang dihasilkan adalah nilai kuadrat dan bila satuan nilai rata-ratanya adalah gram, nilai variannya yaitu gram kuadrat. Agar nilai satuannya seragam maka varian harus dikuadratkan agar hasilnya menjadi nilai simpangan baku.

Supaya perhitungan semakin mudah maka rumus varian serta standar deviasi dapat diturunkan menjadi rumus varians:

Sedangkan rumus standar deviasi yaitu :

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa varians merupakan kuadrat dari simpangan baku. Dimana rumus varians dan standar deviasi keudanya memiliki dasar yang sama sehingga anda akan sulit menemukan perbedaan substansial.

Itulah tadi penjelasan mengenai hubungan antara varians dengan simpangan baku yang perlu anda ketahui, agar anda dapat lebih memahami Hubungan Varians dengan Standar Deviasi (Simpangan Baku) anda dapat mengunjungi situs resmi ini rumus.co.id. Melalui penjelasan di atas kini anda memahami bahwa terdapat hubungan antara varians dengan standar deviasi terutama dasar rumus yang sama. Dengan begitu maka varians dan standar deviasi seperti tidak bisa terpisahkan dan saling memiliki keterkaitan dalam perhitungan data.

Comment here