Bisnis

Makna dan Pengamalan dari Simbol Pancasila Pohon Beringin

Pancasila yakni adalah sebuah landasan ideologi dan juga dasar negara yang mana pengamalannya harus senantiasa dilakukan dan dijaga oleh kita sebagai warga negara. Pasalnya, Pancasila dibuat dalam berbagai simbol yang mana masing-masingnya memiliki makna tersendiri sebagai roh bangsa. Yuk, simak ulasan tentang makna dan juga pengamalan dari simbol Pancasila berupa Pohon Beringin di artikel berikut ini.

insanpelajar.com/lambang-pancasila-dan-artinya-dari-sila-ke-1-hingga-5

Makna dan Pengamalan dari Simbol Pohon Beringin

Sebagai salah satu simbol dalam Pancasila, Pohon Beringin sejatinya menggambarkan Sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Mendengar kalimat dari Sila ini, maka bisa dikatakan jika persatuan bangsa merupakan salah satu hal yang akan terus dijaga oleh kita dan anak cucu kita nantinya. Seperti yang kita tahu, Indonesia dikenal dengan banyak Suku, Agama, dan Ras yang mana dalam kehidupan bernegara, semuanya menjadi sebuah satu kesatuan yang disebut Indonesia.

Inilah mengapa, semangat ini dalam simbol Pancasila digambarkan berupa Pohon Beringin. Seperti yang kita pahami, pohon biasanya dipakai untuk berlindung dan berteduh dari segala cuaca. Ketika kita berada di bawah naungan pohon, rasa damai, rasa sejuk, dan juga rasa tenteram pasti kita rasakan.

Sama halnya dengan simbol Pohon Beringin, diharapkan Indonesia bisa menjadi sebuah negara yang mampu menjadi tempat berlindung serta berteduh yang nyaman dan aman untuk para warga negaranya. Adapun sulur dan akar di Pohon Beringin tersebut digambarkan memiliki akar tunjang yang masuk ke dalam tanah dan sulur yang banyak. Hal ini merujuk pada keanekaragaman warga Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Jadi simbol sila ketiga ini bisa diartikan bahwa dengan semangat persatuan yang selalu dikobarkan, dengan pemahaman bahwa kita adalah satu negara, Indonesia menjadi sebuah tempat yang mampu melindungi setiap warganya terlepas dari apapun Suku, Ras, dan Agamanya. Tidak ada perbedaan yang dibuat dan diunggulkan karena masing-masing warga memiliki hak dan kewajiban yang sama, itulah Indonesia yang diinginkan dalam Sila ketiga.

Nah, ada beberapa contoh pengamalan dari Sila ini yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain menanamkan sikap rela berkorban, cinta tanah air dengan menggunakan produk lokal, bergaul dengan sikap yang sopan dan rasa sayang meski teman berbeda Agama, Suku, atau Rasnya.

Demikian ulasan mengenai tentang makna dan juga pengamalan dari simbol Pancasila berupa Pohon Beringin. Semoga ulasannya bermanfaat.

Comment here